Data Terbaru Covid 19 di Sulut, ODP terus Naik, PDP Turun, Positif Tetap

  • Whatsapp

SEPUTARSULUTNEWS,MANADO– Data terbaru hingga Rabu (25/03/2020), dirilis dalam situs resmi milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, pukul 18.10 wita, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus menunjukan kenaikan. Saat ini berada di angka 403 orang.

Sementara, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebelumnya 14 orang saat ini sudah turun menjadi 13 orang. Sedangkan pasien positif covid 19, sejauh ini tercatat 2 orang, walaupun yang satu pasien hingga kini masih menunggu hasil laboratorium untuk perkembangan lanjut, sebab pada pemeriksaan kedua lalu sudah negatif.

Perkembangan ini disampaikan Sekretaris dan juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel.

Lebih jauh dikatakan, warga Sulut dianjurkan untuk tetap berada di rumah seperti edaran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

ODP adalah orang dengan gejala demam 38 derajat celsius (atau lebih) atau ada riwayat demam atau ada gejala gangguan pernapasan (batuk / pilek / sakit tenggorok / sesak tanpa Pneumonia) dan memiliki riwayat bepergian ke daerah yang diyakini ada penularan lokal dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP):
1). Orang dengan gejala ISPA (demam 38 derajat celcius atau lebih atau ada riwayat demam DAN disertai gejala gangguan pernapasan seperti batuk / pilek / sakit tenggorok / sesak) DAN ada riwayat bepergian ke daerah yang diyakini ada penularan lokal dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

2). Orang dengan gejala demam 38 derajat celcius atau lebih atau riwayat demam atau ISPA DAN dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus positif COVID-19.

3). Orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat pada area dengan penularan lokal yang membutuhkan perawatan rumah sakit DAN tidak ditemukan penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.(wal)

Pos terkait