Bawaslu Dukung KPU Pembentukan Badan Ad Hoc PPK

SEPUTARSULUTNEWS,BITUNG– Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bitung menyatakan dukungannya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung dalam pembentukan Badan Ad Hoc / Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang saat ini sedang dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui, dalam publikasi baik di media masa maupun media sosial, saat ini KPU Kota Bitung sedang melaksanakan salah satu tahapan kegiatan persiapan pelaksanaan Pemilu yaitu pembentukan badan ad hoc KPU antara lain rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rekrutmen PPK ini di mulai dengan tahapan Pengumuman Pendaftaran tanggal 15-17 Januari 2020, dilanjutkan dengan penerimaan pendaftaran tanggal 18-24 Januari 2020. Selanjutnya berkas yang masuk akan diverifikasi.

Calon PPK yang memenuhi syarat administrasi akan mengikuti seleksi tertulis. Calon yang berhasil lulus dalam seleksi tertulis akan mengikuti tes wawancara. Sebelum dan sesudah wawancara, KPU akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan kepada para calon PPK.

Semua calon yang berhasil lolos dalam tahapan perekrutan ini akan dilantik pada tanggal 29 Februari 2020.

Komisioner Bawaslu Kota Bitung Sammy Rumambi menyarankan KPU untuk menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test) yaitu suatu metode seleksi dengan alat bantu untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar sebagaimana yang digunakan saat ini bagi para pelamar CPNS.

“Saya mengapresiasi kerja keras rekan-rekan KPU Kota Bitung, dan agar mendapatkan hasil yang lebih independen dan lepas dari prasangka pihak tertentu, saya menyarankan rekan-rekan KPU Bitung menggunakan metode CAT dalam tes tertulis” ujar Rumambi.

Menanggapi saran Bawaslu, Komisioner KPU Kota Bitung Idhli Rahmadiani mengatakan bahwa mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2015 dan Surat Edaran KPU RI, untuk perekrutan PPK bisa menggunakan 2 metode, yaitu Manual dan CAT.

“Sesungguhnya kita siap menggunakan 2 metode ini. Kita telah berkonsultasi dengan KPU Provinsi Sulut dan KPU Provinsi menyarankan kita untuk menggunakan metode Manual. Mungkin ini juga terkait dengan adanya beberapa kali gangguan jaringan internet di daerah kita” ujar Idhli.

Ketua KPU Kota Bitung Deslie Sumampouw menegaskan bahwa seluruh jajaran KPU Kota Bitung akan melakukan setiap tahapan pemilu termasuk didalamnya Perekrutan PPK dengan transparan, jujur dan adil dan hasil perekrutan ini dapat dipantau oleh langsung masyarakat.
Sampai kemarin (Selasa, 21/1/2020) pagi, terpantau sudah 139 orang calon anggota PPK Kota Bitung yang mengambil formulir pendaftaran.(gus)