Menteri Pariwisata Apresiasi LPSL 2019

SEPUTARSULUTNEWS,BITUNG – Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2019 resmi dibuka Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, di Satrol Lantamal VIII Manado, Kota Bitung.
Menteri Pariwisata dalam sambutannya, mengapresiasi terselenggaranya FPSL 2019 yang telah masuk Calendar of Event National.
“FPSL untuk keempat kalinya telah masuk dalam Calendar of Event National, jarang ada event yang empat kali berturut-turut masuk sebanyak itu sebagai Calendar of Event National,” katanya. Ia berharap, event ini bisa memajukan potensi pariwisata di Kota Bitung.
Sesaat usai opening ceremony, dilanjutkan dengan sailing pass kapal dan perahu nelayan, diikuti oleh 350 peserta. Kemudian malamnya, hiburan musik yang menampilkan penyanyi ibu kota, Citra Scholastika dan penyanyi lokal, Gio Idol.
Sementara untuk kegiatan hari kedua, Selasa (08/10) pagi, dilakukan Monitoring dan Evaluasi Penanaman Terumbu Karang, juga bertempat di Satrol Lantamal VIII Manado.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Bitung, M.J. Lomban beserta para Forkopimda setempat. Dalam kegiatan ini Kapolres Bitung, AKBP Stefanus Tamuntuan diwakili oleh Kapolsek Lembeh Selatan, Iptu Reymond Sendewana.
Walikota Bitung mengatakan, monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pertumbuhan terumbu karang yang telah dilaksanakan sejak 2016 hingga 2018, di wilayah perairan Lembeh.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup khususnya terumbu karang yang berlokasi di perairan Lembeh dapat selalu terjaga,” pungkasnya.
Jalannya rangkaian FPSL 2019 mendapat pengawalan dan pengamanan cukup ketat dari personel Polres Bitung dan Polsek jajaran. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan selama kegiatan berlangsung.(har)