Pemda Bolsel Tetapkan Anggaran Bawaslu Rp4,4 Miliar

SEPUTARAULUTNEWS, BOLSEL- Pemda Bolmong Selatan telah memutuskan jumlah besaran anggaran yang diperuntukkan kepada Badan Pengawas Pemilu di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bolmong Selata pada 2020 mendatang. Bupati Bolmong Selatan melalui Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy menegaskan bahwa anggaran tersebut sudah dirasionalisasikan dengan kebutuhan Bawaslu sesuai kondisi di daerah.
Pemda Bolmong Selatan telah menganggarkan Rp 4,4 miliar untuk memenuhi kebutuhan segala operasional di Bawaslu Kabupaten Bolmong Selatan. Jumlah anggaran ini juga, menurut Sekda Arvan, telah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya di mana kondisi sarana dan prasarana di Kabupaten Bolmong Selatan saat itu masih sangat terbatas. Seperti akses utama jalan di wilayah Pinolosian Timur rusak dan harus melewati laut. Namun di tahun ini, jalan Trans Sulawesi sudah jauh lebih baik.
“Dulu membutuhkan dana yang besar karena anggaran operasional tinggi. Tapi di tahun ini seluruh akses di pelosok Bolsel sudah bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat,” ucap Arvan Ohy.
Ditambahkan Sekda Arvan, rasionalisasi atas anggaran yang diusulkan oleh Bawaslu Bolmong Selatan yakni Rp 20 miliar menjadi Rp 4,4 miliar sudah sangat rasional dan sesuai dengan kondisional saat ini. Sebagaimana di Kabupaten Bolmong Timur, yang juga menghelat Pilkada di tahun 2020, anggaran Bawaslu ditetapkan Rp 4,5 miliar.
“Sangat tidak rasional kebutuhan anggaran di Bawaslu mencapai Rp 20 miliar. Namun itu sifatnya hanya usulan, kami rasionalisasikan dengan kondisi riil yang ada saat ini. KPU saja sebagai penyelenggaran teknis Pilkada Rp 15,5 miliar,” terang Arvan Ohy.
Sebagaimana diketahui, Bawaslu Bolmong Selatan masih berharap pemerintah daerah menambah alokasi anggaran untuk Bawaslu. Namun permintaan ini langsung ditanggapi oleh Pemda Bolmong Selatan bahwa anggaran yang sudah teralokasi sudah sesuai dengan kebutuhan riil saat ini.(hamka)