Fokompinda Bahas Pencegahan Karhutla dan Enceng Gondok

SEPUTARSULUTNEWS,TONDANO–Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Minahasa seriusi soal pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal itupun dibahas dalam rapat Forkompinda yang dipimpin Bupati Royke O Roring (ROR) di Mapolres Minahasa, Selasa (13/8/2019).
Dijelaskan ROR kepada wartawan usai rapat, apa yang dibicarakan itu sesuai amanat Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI juga Gubernur. Apalagi saat ini musim panas yang sangat berbahaya untuk kebakaran.
“Di Minahasa sudah beberapa titik yang terjadi kebakaran dan bahkan jarak waktu kejadian cukup dekat,” tambah Bupati.
Tetapi menurutnya, karena gerak cepat dari masyarakat dan pemadam kebakaran sehingga bisa segera teratasi. “Marilah menjaga dan tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah atau sengaja membakar rumput untuk membersihkan lahan yang dapat berakibat kebakaran membesar dan merembet ke tempat lain,” imbau ROR.
Selain itu Bupati juga menginstruksikan kepada camat lurah dan hukum tua serta pimpinan agama untuk menghimbau masyarakat guna mengantisipasi kemarau panjang ini.
Kesempatan itu juga dibahas soal penanganan Enceng Gondok di Danau Tondano yang ditargetkan tuntas tahun 2020 mendatang. Apalagi kini sudah mulai membaik, itu tak lepas kerja sama TNI dan Polri. Forkompinda pun melaksanakan evaluasi atas berbagai iven yang telah dilewati seperti pengucapan dan nantinya akan dihadapi yakni Hari Kemerdekaan ke 74.
Rapat itu dihadiri Kapolres AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Letkol inf Slamet Raharjo, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko, Ketua DPRD James Rawung dan Sekdakab Jeffry Korengkeng.(red)