Dorong Pelaku Usaha Pariwisata, Ini Terobosan Program ODSK

SEPUTARSULUTNEWS,MANADO— Provinsi Sulawesi Utara, menjadi primadona baru pariwisata di Indonesia. Dan mendapat perhatian serius pemerintah pusat, ditandai kedatangan presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo baru-baru ini ke Daerah Nyiur Melambai.
Tindaklanjutnya, lewat program yan telah dirancang pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK), terus diaplikasikan Organisasi Perangkat Daerah. Seperti Dinas Pariwisata, melaksanakan program standarisasi pelayanan pelaku usaha pariwisata
Terobosan ini dinilai sangat penting karena kepariwisataan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan cinta tanah air, citra bangsa dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. Melalui penyerapan tenaga kerja , pemerataan kesempatan berusaha, meningkatkan penerimaan devisa negara serta berperan dalam mengentaskan kemiskinan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Penegasan ini dikatakan Dikatakan Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang.
Mewujudkan semuanya, pembangunan kepariwisataan perlu didukung sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki standart sesuai dengan undang undang nomor 19 tahun 2009 tentang kepariwisataan.
“Standarisasi diperlukan dan dibutuhkan terutama untuk pengembangan kegiatan kepariwisataan nasional dalam menghadapi persaingan tenaga kerja dan usaha ditingkat nasional dan internasiona,” pungkas Mewengkang.
Lanjutnya, Sulut menyimpan banyak kearifan lokal dan sumber daya alam sebagai pilar pengembangan kepariwisataan sehingga beberapa tahun terakhir daya pikat kepariwisatan Sulut cukup dikenal di dunia internasional dibuktikan kehadiran turis dari tiongkok yang jumlahnya mencapai ribuan orang datang ke daerah ini.
“Meningkatnya kunjungan wisatawan membuat kita sadar bahwa pengembangan keparawisatawan di Sulawesi utara sebagai salah satu destinasi unggulan kunjungan wisatawan di Indonesia dalam mewujudkan pembangunan keparawisataan sulawesia utara ada begitu banyak tantangan harus di hadapi,” sambung Mewengkang.(red)