Rp400 Juta Alokasi Pasar Motongkad

SEPUTARSULUTNEWS,BOLTIM– Dinas Perdagang Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, anggarkan Rp 400 juta pembangunan pasar Motongkad.
Menurut Kepala Bidang Perdagang, Disperindagkop dan UKM Boltim, Arhans Daud, pada tahun kemarin, ada pasar Buyat, Iyok, Tutuyan dan Modayag dianggarkan untuk penambahan kios dan bangun jalan.“Total sudah miliaran rupiah yang dibangun mengunakan dana APBD Boltim,” ujar Arhans Daud, baru-baru ini.
Untuk itu, tahun ini dianggarkan Rp400 juta di pasar Motongkad, untuk pembangunan jalan dan penambahan dua kios baru. “Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan pelelangan untuk pekerjaan di pasar Motongkad. Sudah didaftarkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP),” kata Archans.
Lanjutnya, baru ada dua pasar yang ditarik retribusi oleh pemerintah daerah (Pemda) yakni Pasar Kotabunan dan Modayag. Sedangkan Iyok, Buyat dan Tutuyan, belum ditarik retribusi. Target retribusi 2018 dari Badan Keuangan Daerah Boltim Rp 30 juta rupiah, namun mampu mencapai hingga Rp 33 juta rupiah. Masuk 2019 dinaikan menjadi Rp 55 juta rupiah. “Ke depan kita akan siapkan tiga pasar untuk diambil retribusi, namun dibenahi dulu baik jalan maupun infrastruktur lainnya,” jelasnya.
Sementara, Kepala Dinas Disperindagkop dan UKM, Ramlah Mokodompis mengatakan, akan diupayakan untuk semua pasar dipunggut retribusi. “Saya akan usahakan, agar menjadi PAD baru untuk pemerintah Boltim khusus ditiga pasar,” tukasnya. (fik)